Rabu, 16 Februari 2011

Search Engines


Anda bisa saja memegang atau menghafal alamat-alamat situs Web menarik yang ingin anda kunjungi, tetapi ketika anda ingin mencari suatu artikel, dukumen atau file dengan topik khusus, atau mencari alamat teman anda di internet yang memiliki lebih dari 40 ribu halaman web, anda pasti membutuhkan bantuan. Apalagi jika anda tidak memiliki gambaran sama sekali tentang Web yang hendak anda kunjungi untuk mencari artikel tersebut.

Contoh, ketika anda ingin mencari artikel yang memuatberita tentang printer, anda mungkin bisa mencari ke situs majalah-majalah komputer. Akan tetapi karena banyaknya majalah dan halaman, anda akan dibuat prustasi jika harus menengoknya satu per satu. Maka anda memerlukan sebuah mesin pencari untuk menemukan artikel, file atau database apapun yang anda inginkan dengan lebih cepat.

Untunglah banyak dikembangkan peranti lunak atau mesin-mesin pembantu untuk mencari dan menelusuri halaman Web ini dengan lebih cepat. Beberapa diantaranya adalah:

01. Google (www.google.com)
02. Altavista (www.altavista.digital.com)
03. Deja News (www.dejanews.com)
04. Excite (www.excite.com)
05. HotBot (www.hotwired.com)
06. Infoseek (www.infooseek.com)
07. Lycos (www.lycos.com)
08. Magellan ( www.mckinley.com)
09. WebCrawler (www.webcrawler.com)
10. Yahoo (www.yahoo.com)

Selain membantu menemukan informasi yang anda butuhkan tentang perusahaan, produk, kompentitor, dan data dari macam-macam database online, mesin pencari tersebut juga membantu anda mendaftarkan situs web anda sehingga pemakai internet dapat menemukan bisnis Anda .Masing-masing mesin pencari menawarkan teknologi dan keistimewaannya sendiri. Namun pada dasarnya fungsi mereka sama : secara sistematik mencari serta menganalisis semua halaman web yang ada, kemungkinan mengembangkan sebuah index kata bersama dengan daftar URL halaman, tempat kata-kata indeks tersebut dapat anda temukan.

Untuk memulai pencarian, kunjungilah salah satu situs pencari web. Anda kemudian akan disodori lembar input untuk mengetikkan kata-kata kunci dari informasi yang ingin anda cari. Kadang-kadang anda akan mendapatkan daftar panjang dari situs web yang memuat informasi yang nada cari. Nah, disinilah masing-masing mesin pencari menunjukkan keunikan dalam membantu anda untuk memilah. Beberapa cara yang ditawarkan antara lain menyertakan judul, baris pertama, memberikan artikel yang ter-Update atau menyertakan filter. Berikut adalah tip untuk beberapa mesin pencari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar